RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Topik : MATRIKS
Waktu : 5 × 45 menit ( 2 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
- Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
- 2.2 Memiliki sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
- 3.4 Mendeskripsikankonsep matriks sebagai representasi numerik dalam kaitannya dengan konteks nyata.
- 3.5 Mendeskripsikan operasi sederhana matriks serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
- 3.6. Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyatayang berkitan dengan matriks
- Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Matriks ini diharapkan siswa terlibat aktif, kritis dan kratif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat :
- Menemukan dan menentukan pola pemecahan masalah terkait matriks
- Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam bentuk matriks,
- Menerapkan operasi sederhana matriks dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
- Terlibat aktif, kritis dan kreatif dalam pebelajaran matriks
- Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
- Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
- Menentukan unsur-unsur pada matriks
- Menentukan jenis-jenis matriks.
- Menentukan kesamaan matriks.
- Menentukan transpos dan ordo matriks.
- Menentukan hasil dari operasi aljabar pada matriks dalam pemecahan masalah
- Menentukan Determinan dan invers matriks
- Menyelesaikan persamaan linier dengan dengan determinan dan invers matriks
F. Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan
kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based
learning).
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran- Pendahulaun (... menit)
- Kegiatan Inti (... menit)
- Penutup (... menit)
- Jenis/ Teknis Penilaian
- Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
- Pedoman Penskoran
Download file di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar